Ibu Hamil

Senam Hamil Siap Melahirkan Tanpa Cemas

Senam Hamil Siap Melahirkan Tanpa Cemas, Pentingkah senam hamil? Seperti apa sebaiknya senam hamil? Tim pengajar senam hamil PIHG menyampaikan informasi bagi Anda, para ibu hamil, seputar senam hamil dan gunanya.

Senam Hamil Siap Melahirkan Tanpa Cemas

Senam Hamil Siap Melahirkan Tanpa Cemas, Jika kehamilan ini adalah yang pertama anda alami, tentu banyak pertanyaan atau ketakutan yang muncul di benak anda dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang masalah kehamilan, persalinan, atau perawatan bayi yang akan anda hadapi. tidak sedikit para calon orangtua yang berusaha mengatasinya dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang masalah kehamilan, salah satu di antaranya senam hamil, yang merupakan salah satu persiapan persalinan.
kehadiran senam hamil dilatarbelakangi hasil penelitian seorang ahli kebidanan bernama dr. gratley dick read dan dilanjutkan oleh muridnya helen heardman (fisioterapis). dari hasil penelitian tersebut, mereka sepakat bahwa setiap wanita harus dipersiapkan secara mental dan fisik untuk melahirkan bayi. persiapan ini akan sangat bermanfaat apabila juga dibarengi dengan tindakan relaksasi yang bermanfaat pada persalinan, serta menghilangkan ketakutan dan kecemasan yang biasanya dirasakan banyak wanita.

Keuntungan Senam Hamil

Secara fisik, senam hamil memberi keuntungan untuk melenturkan otot dan memberikan kesegaran pada tubuh. Sementara secara psikologis, senam hamil akan meningkatkan self esteem dan self image. Selain kedua ke untungan di atas, senam hamil akan memberikan keuntung an sosial karena memberi anda ke sempatan untuk bersosialisasi dan menjadikannya sebagai sarana berbagi informasi.
Walau begitu, tetap ada kontra indikasi dari senam hamil, terutama pada ibu hamil yang tidak mengetahui secara tepat keadaan kehamilannya. di antaranya, perdarahan ante partum (hap), kelainan jantung, pre-eklamsi berat, kelainan letal ari-ari/ plasenta, kehamilan kembar, dan penyakit-penyakit lain yang berat (individual). karena itu, ibu hamil tidak diperbolehkan senam bila terdapat komplikasi. komplikasi tersebut bisa berupa sakit kepala, pusing, denyut jantung cepat, pernafasan dangkal, sakit pada punggung dan panggul.

Jika mengikuti program senam hamil dirasakan sebagai suatu latihan yang merepotkan, banyak alternatif lain yang dapat dilakukan, di antaranya jalan-jalan pagi, berenang, yoga, atau meditasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s