Lambung

Sesak Nafas Karena Maag / Asam Lambung

Sesak Nafas Karena Maag / Asam Lambung, Ketika Anda mengalami sesak nafas dengan riwayat mempunyai penyakit asam lambung atau maag, maka janganlah dianggap remeh.

Sesak Nafas Karena Maag / Asam LambungAhli penyakit dalam dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB mengatakan, penyakit akibat asam lambung tidak bisa dianggap remeh.   “Asam lambung atau Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD) sebenarnya termasuk penyakit kronis. Jika penyakit berlanjut memang bisa menyebabkan gangguan pada paru-paru,”

Menurut Ari, ada 2 gejala utama GERD yaitu nyeri dada dan bisa merasakan rasa panas di dada seperti terbakar (heartburn). Biasanya nyeri dada ini diikuti juga dengan mulut pahit karena ada asam yang naik (regurgitasi).

“Jadi begini, sakit maag ini macam-macam penyebabnya seperti asam lambung yang berlebihan. Kalau asam lambung tinggi ini sudah naik ke atas atau organ lain, ini nama penyakitnya GERD. Asam yang normalnya ada di lambung bisa ke kerongkongan, balik arah sampai paru-paru kemudian bisa ke pita suara jadi serak. Kalau ke paru-paru bisa sinus, asma, sesak napas,” ungkapnya.

Faktor penyebabnya beragam, mulai dari kegemukan, kebiasaan konsumsi cokelat dan keju, lemak tinggi, rokok, dan alkohol. Penderita penyakit kronis seperti diabetes melitus (kencing manis) juga berisiko tinggi GERD. Selain itu kebiasaan buruk tidur setelah makan.

“Kalau dia makan berlebihan, kemudian langsung tidur, asam lambung bisa naik,” katanya.

Saat penderita asam lambung pingsan, biasanya tingkat keasaman ph 1-2 itu menyebabkan sesak napas. Pada orang gemuk, penyakit ini bisa jadi akut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s